Voc Adalah

VOC Adalah – Perusahaan Hindia Timur Belanda, yang sah dikenali sebagai Perhimpunan Perusahaan India Timur (Belanda: Vereenigde Oostindische Compagnie; dipersingkat VOC), dibangun pada 20 Maret 1602.

VOC ialah serikat karyawan Belanda dengan monopoli perdagangan Asia. Disebutkan Hindia Timur karena ada pula Geoctroyeerde Westindische Compagnie, serikat karyawan regional Hindia Barat. Perusahaan ini dipandang seperti perusahaan multinasional pertama di dunia

Klik ==>> Untuk Info Menarik Lainnya

VOC Adalah

Salah satunya pemegang saham paling besar VOC ialah Isaac Le Maire, seorang pebisnis dan investor Yahudi dari Wallonia (saat ini Belgia).

Sejarah Voc Di Indonesia

Walau VOC sebetulnya ialah konsorsium organisasi perdagangan, organisasi perdagangan ini unik karena disokong oleh negara dan diberi peluang dan hak spesial (octrooi).

Beberapa orang menyebutkan VOC sebagai negara dalam negara. VOC mempunyai enam seksi (Kamers) di Amsterdam, Mdelburg (sebagai wakil Zeeland), Enkhuizen, Delft, Horn dan Rotterdam.

Kamar mengirimi tujuh belas delegasi sesuai dengan modal yang disetorkan; delegasi Amsterdam terdiri dari 8.

Trending...  Mesothelioma Law Firm

Kebangkrutan Voc (vereenigde Oostindische Compagnie)

Istilah ini datang dari salah penyuaraan bahasa Indonesia dari kata Belanda compagnie, yang memiliki arti perusahaan.

Sesudah VOC usai, kata “kompeni” mulai dipakai dengan bahasa setiap hari untuk menyebutkan penganiayaan dan pemerasan pada rakyat Indonesia oleh pemerintahan dan militer Belanda.

Pencetus kehadiran Eropa lewat laut ialah Vasco da Gama, yang pada 1497-1498 sukses melaut dari Eropa ke India lewat Tanjung Keinginan di laut lepas selatan Afrika.

Penyebab Voc Dibubarkan Pada Tahun 1799 Lengkap

Hingga mereka tak lagi harus berkompetisi dengan pedagang Timur tengah untuk akses ke Asia Timur, mereka sudah menggantikan lajur darat yang paling beresiko. Awalannya, arah khusus kemampuan Eropa di Asia Timur dan Tenggara, terhitung Nusantara, ialah perdagangan, seperti Belanda.

Sesudah penuntasan politik (penjajahan) Belanda lakukan visi dagang dengan kerajaan Jawa, Sumatera dan Maluku, dan di Suriname dan Curacao arah Belanda semenjak awalnya ialah murni penjajahan (permukiman). Dalam kerangka perdagangan berikut bangsa Indonesia mulai menjajah (Belanda di Hindia Timur).

Pada era ke-19, Portugis memimpin perdagangan rempah-rempah dengan Lisbon sebagai dermaga khusus mereka. Saat sebelum Revolusi Belanda, kota Antwerpen mainkan peranan penting sebagai distributor di Eropa utara, tapi sesudah 1591 Portugis bekerja bersama dengan beberapa perusahaan di Jerman, Spanyol dan Italia, memakai Hamburg sebagai dermaga khusus sebagai titik distribusi beberapa barang mereka.

Jerman.Asia, ia berpindah lajur perdagangan supaya tidak melalui Belanda. Tetapi, diambil kesimpulan jika perdagangan Portugal tidak efektif dan tidak sanggup penuhi keinginan yang tetap bertambah, khususnya untuk lada. Suplai yang tidak konstan mengakibatkan harga cabe waktu itu naik. Disamping itu, berpadunya Portugal dan Kerajaan Spanyol di tahun 1580, yang waktu itu sedang berperang dengan Belanda, memunculkan kekuatiran di kelompok Belanda.

Ke-3 factor berikut yang menggerakkan Belanda masuk perdagangan rempah-rempah antarbenua. Pada akhirnya, Jan Huygen van Linschoten dan Cornelis de Hautman mendapati “lajur rahasia” untuk beberapa kapal Portugis, yang memungkinkannya Cornelis de Hautman capai Banten, sebuah dermaga utama di Jawa di tahun 1595-1597 pada pelayaran pertama kalinya. ada pada keadaan jelek dan hancur.

Trending...  Donate Car To Charity California Tax Deduction

Konsep De Heeren Xvii Voc Yang Diklaim Sunda Empire

Di tahun 1596, empat kapal ekspedisi yang dipegang oleh Cornelis de Houtman melaut ke Indonesia, contact pertama di antara Indonesia dan Belanda. Ekspedisi capai Banten, sebuah dermaga lada utama di Jawa Barat, di mana mereka bentrokan dengan Portugis dan warga di tempat. Melaut ke arah timur kembali dari pantai utara Jawa, Houtman terserang oleh warga di tempat di Sedai, kehilangan 12 awaknya dan turut serta dalam pertarungan kecil dengan warga di tempat di Madura, yang menyebabkan terbunuhnya seorang kepala suku di tempat. Tahun selanjutnya, sesudah kehilangan 1/2 dari crew mereka, mereka memilih untuk kembali lagi ke Belanda, tapi mereka bawa kembali rempah-rempah yang cukup buat mendapatkan untung.

Di tanggal 31 Desember 1600, Inggris mulai membangun perusahaan dagang di Asia namanya British East India Company yang berkantor pusat di Kalkuta. Belanda pergi di tahun 1602, dan Prancis tidak ingin ketinggal, dan di tahun 1604 Perusahaan India Timur Prancis dibangun.

Di tanggal 20 Maret 1602, pedagang Belanda membangun Verenigde Oostindische Compagnie. Waktu itu, terjadi kompetisi seru di antara beberapa negara Eropa seperti Portugal, Spanyol, Inggris, Prancis, dan Belanda untuk hegemoni perdagangan di Asia Timur. Untuk menangani permasalahan ini, Jenderal Staten dari Belanda dikasih kekuasaan untuk mempunyai pasukan yang perlu dipertahankan oleh VOC sendiri. Disamping itu, VOC memiliki hak tanda-tangani kesepakatan nasional dan mengatakan perang pada negara atas nama pemerintahan Belanda yang di saat itu tetap berwujud republik. Kemampuan ini memiliki arti jika federasi perdagangan seperti VOC bisa bertindak selaku satu bangsa.

Hak Istimewa Voc

Perusahaan ini membangun kantor pusatnya di Batavia (saat ini Jakarta) di pulau Jawa. Hindia Timur (selanjutnya jadi Indonesia) membangun pos-pos penjajahan yang lain, seperti Kepulauan Rempah-Rempah (Maluku), terhitung Kepulauan Banda, di mana VOC menjaga monopoli pala dan makarel. Sistem yang dipakai untuk menjaga monopoli terhitung kekerasan pada warga lokal, dan pemerasan dan pembantaian.

Gerai yang tenang berada di pulau bikinan Dejima di laut lepas Nagasaki. Wilayah ini ialah salah satu tempat orang Eropa dapat berdagang dengan Jepang.

Isi pada hak octrooi mempunyai tujuan untuk membuat VOC. Pembukaan Octrooi mengeluarkan bunyi: “VOC dibangun untuk memberi arah dan navigasi untuk perdagangan di Hindia Timur.” Menurut Piagam Octroi tahun 1598, perdagangan di Nusantara terkuasai oleh VOC sepanjang 200 tahun. Beberapa perusahaan yang ada di waktu itu dileburkan jadi satu perusahaan komersil. Parlemen Belanda. Octrooi, piagam pendiri Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC), yang berisi kelebihan VOC di Nusantara.

Trending...  Donate Car For Tax Credit

Pengaruh Monopoli Perdagangan Voc Worksheet

Di tahun 1603 VOC dibolehkan untuk membangun kantor perwakilan di Banten, dan di tahun 1610 Peter Both diangkat sebagai Gubernur pertama VOC (1610-1614), tapi pilih Jayakarta sebagai pusat administrasi VOC. Sementara Frédéric de Houtman ialah Gubernur VOC Ambon (1605-1611) dan Maluku (1621-1623). Dengan begitu, di tanggal 31 Desember 1799, jumlah petinggi VOC yang turut serta korupsi menambahkan beban hutang VOC, hingga VOC sendiri pailit. Gubernur VOC Van Overstraten umumkan pembubaran VOC dan penyerahan semua hutang dan asset VOC ke pemerintahan Belanda.

Di tahun 1652, Jan van Riebeeck membangun pos paling depan di Tanjung Keinginan (ujung selatan Afrika, saat ini Afrika Selatan) untuk amankan beberapa kapal VOC untuk pelayaran ke Asia Timur. Selanjutnya, pos paling depan jadi koloni riil, serta lebih beberapa orang Belanda dan Eropa yang lain mulai tinggal di sini. Status VOC dibangun di Persia (saat ini Iran), Bangladesh (saat ini Bangladesh dan beberapa India), Ceylon (saat ini Sri Lanka), Malaka (saat ini Malaysia), Siam (saat ini Thailand) , Cina Dataran (Guangzhou), Fore Mosa (saat ini namanya. Taiwan). ) dan India Selatan. Di tahun 1662, Kosinga menyingkirkan Belanda dari Taiwan.

Pada 1669, VOC ialah perusahaan swasta paling kaya dalam riwayat, dengan 150 kapal dagang, 40 kapal perang, tentara swasta 50.000 karyawan, 10.000 tentara, dan lebih dari 40 % royalti.

Karena Korupsi, Voc Bubar Saat Jelang Tahun Baru

Perusahaan itu nyaris selalu memiliki konflik dengan faksi Inggris; sesudah pembantaian Ambon di tahun 1623, jalinan mereka terputus. Pada era ke-19, property terpusat di Hindia Timur. Sesudah perang di antara Propinsi Persatuan Ke-4 dan Inggris (1780-1784), VOC ada dalam kesusahan keuangan, dan pada 17 Maret 1798, perusahaan disetop sesudah tentara Napoleon Bonaparte menggantikan Belanda. Hindia Timur diberikan ke Kerajaan Belanda pada Konferensi Wina tahun 1815.

Seperti tercermin dalam pembicaraan 15 Januari 1602, arah khusus pembangunan VOC untuk “menabur kejahatan dan keamanan tanah air pada lawan”. Waktu itu lawannya ialah Portugal dan Spanyol, yang berpadu di antara Juni 1580 dan Desember 1640 sebagai negara yang ingin kuasai perdagangan Asia. Untuk saat ini, Belanda masih terkait baik dengan beberapa orang Kepulauan karena VOC.

Pada tengah era ke-20, VOC tidak berhasil karena beragam argumen, hingga disetop. Argumen ketidakberhasilan VOC ialah korupsi besar organisasi VOC, yang sudah dilakukan oleh beberapa pejabatnya. Dalam pada itu, VOC harus juga menantang Inggris, yang usai dengan persaingan perebutan semua kantor VOC.

Trending...  Donate Car In Maine

Mengulik Harta Kekayaan Voc Yang Pernah Ada Di Dunia

Heeren Zeventien bertanggungjawab atas ketidakberhasilan VOC dan mereka dipandang tidak bertanggungjawab karena mereka meluluskan petinggi untuk lakukan usaha individu walau sebenarnya realitanya mereka memakainya untuk keuntungan individu mereka sendiri. Heeren Seventhien dipandang lambat dalam menyikapi keluh kesah pegawai, seperti tidak ingin sediakan prajurit dan pelaut yang berkualitas. Disamping itu, keterkaitan VOC dalam perang di Jawa, Sumatera dan Maluku mengakibatkan kekalahan VOC, dan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) kuat hubungannya dengan daerah Indonesia kekinian. Konsentrat rempah-rempah disana dan jual dengan gratis. Mengakibatkan, VOC jadi perusahaan besar yang paling memberikan keuntungan. Sayang, sayang ia mau tak mau pailit, dan demikianlah ceritanya.

Usaha.com, Jakarta – Saat perusahaan Belanda menjajah Hindia Timur (saat ini Indonesia), kata itu jadi nama mereka. Darimanakah kata “perusahaan” berasal?

Berkaitan atau mungkin tidak, nama perusahaan ini diambil dari kedatangan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) dalam koleksi rempah-rempah Indonesia. Pertarungan dengan warga sekitaran umumnya dilaksanakan oleh tentara VOC atau pasukan kompi Belanda.

Funfact: Voc Pernah Jadi Perusahaan Terkaya Dan Terbesar Di Dunia!

Bahkan juga, VOC dikenali sebagai perusahaan multinasional pertama di dunia. Ini karena daerah VOC terhampar dari ujung timur Tanjung Keinginan di Afrika sisi selatan sampai ke barat Selat Magellan.

Perusahaan Hindia Timur Belanda dibangun pada 20 Maret 1602, dengan pos-pos di Tanjung Keinginan, Persia, Benggala, Ceylon, Malaka, Siam, Cina Dataran, Formosa, India selatan dan, sudah pasti, Indonesia.

Cikal akan pengembangan VOC ke Nusantara diawali di tahun 1596, saat empat kapal ekspedisi ke arah Banten di bawah instruksi Cornelis de Hautmann. Ini ialah contact pertama dari Belanda

Trending...  Donate Your Car For Cash

Sejarah Nusantara (1602–1800)

Voc game, voc gofood, hak oktroi voc adalah, hak istimewa voc adalah, voc shell, koin voc, voc, voc ticket, peninggalan voc, meriam voc, voc band, voc adalah singkatan dari
Voc Adalah